Karakteristik Perangkar Jaringan Nirkabel

Karakteristik Perangkat  Jaringan Nirkabel


Salam sobat, kali ini kita akan bahas tentang Karakteristik Perangkat  Jaringan Nirkabel , ok. Sebelum kita bahas secara detail, alangkah baiknya kita kenalkan tentang masing-masing kata, yaitu:

Apa itu Karakteristik?

Sebagian orang belum tau tentang arti kalimat karakteristik, apalagi tentang jaringan nirkabel, maka dari itu saya coba share materinya, Karakteristik adalah Karakter atau Tingkah Laku sebuah barang, alat atau benda bahkan makhluk hidup. Contoh saja Karakteristik perangkat jaringan Nirkabel artinya tingkah laku sebuah perangakat jaringan nirkabel sama halnya dengan tingkah, perilaku dan spesifikasi dari perangkat access point merk TP-Link (misalkan: Tipe TL-WA5210G)
Spesifikasi dari TL-WA5210G  adalah 2.4GHz High Power Wireless Outdoor CPE
  • Access Point tp-link ini beroperasi dengan frekuensi 2.4 GHz
  • Jenis wifinya Outdoor atau dirancang untuk diluar ruangan
  • Sesuai dengan Standarisasi IEEE 802.11b / g, kecepatan wireless hingga 54Mbps
  • Desain perlindungan tahan cuaca untuk di luar bangunan dan ketahanan petir 4000V/15KV
  • 12dBi dual-terpolarisasi antena untuk membangun koneksi Wifi jarak jauh hingga 15km
  • Daya tinggi untuk meningkatkan jangkauan sinyal dan kecepatan link

-          Hingga 60 meter (200 feet) untuk kenyamanan penempatan dengan dilengkapi Power over Ethernet Injector
Adapun betuk dari wifi access point TP-Link WA5210G gambarnya bisa anda lihat dibawan ini:


Dari keterangan diatas sudah cuku jelas bahwa karakteristik dari perangkat jaringan nirkabel yang saya contohkan merk tp-link ini berarti spesifikasi dari Access Point TP Link, contoh diatas mewakili dari semua merk dagang access point yang ada, selanjutnya kita mengenal perangkat jaringan nirkabel lainnya.

Selain Access Point yang termasuk perangkat jaringan nirkabel adalah Bluetooth, Perangkat ini mempunyai symbol Seperti Huruf “B”, dan warna nya Biru, seperti gabar berikut:


Fungsi dari Bluetooth sama dengan fungsi Wifi pada umumnya, yaitu berkomunikasi dua arah dengan media udara, perbedaannya akan dijelaskan dibawah ini

Bluetooth dan WiFi adalah standar yang berbeda untuk komunikasi nirkabel.
Teknologi Bluetooth berguna ketika mentransfer informasi antara dua atau lebih perangkat yang berjarak dekat satu sama lain, seperti telepon, printer, modem dan headset. Hal ini paling cocok untuk aplikasi bandwidth rendah seperti mentransfer data suara dengan telepon (yaitu dengan headset Bluetooth) atau data byte dengan komputer genggam (file transfer) atau keyboard dan mouse.

Wi-Fi lebih cocok untuk operasi jaringan skala penuh karena memungkinkan sambungan yang lebih cepat, jangkauan yang lebih baik dari base station, dan keamanan nirkabel yang lebih baik (jika dikonfigurasi dengan benar) dari pada Bluetooth.

Bluetooth

Wifi

Frequency
2.4 GHz
2.4, 3.6, 5 GHz
Cost
Low
High
Bandwidth
Low ( 800 Kbps )
High (11 Mbps )
Specifications authority
Bluetooth SIG
IEEE, WECA
Security
kurang aman
Masalah keamanan sudah diperdebatkan.
Year of development
1994
1991
Primary Devices
Ponsel, mouse, keyboard, kantor dan perangkat otomasi industri. Pelacak aktivitas.
Komputer notebook, komputer desktop, server, TV, ponsel terbaru.
Hardware requirement
Adapter Bluetooth pada semua perangkat yang menghubungkan satu sama lain
Wireless adapter pada semua perangkat jaringan, router nirkabel dan / atau titik akses nirkabel
Range
5-30 meters
Dengan 802.11b / g kisaran jaraknya adalah 32 meter di dalam ruangan dan 95 meter (300 kaki) di luar ruangan. 802.11n memiliki jangkauan yang lebih besar. Komunikasi 2.5 GHz Wi-Fi memiliki jangkauan yang lebih besar dari 5 GHz. Antena juga dapat meningkatkan jangkauan.
Power Consumption
Rendah
Tinggi
Ease of Use
Cukup mudah digunakan. Dapat digunakan untuk menghubungkan up to tujuh perangkat pada satu waktu. Sangat mudah untuk beralih antara perangkat atau menemukan dan menghubungkan ke perangkat lain.
Hal ini lebih kompleks dan membutuhkan konfigurasi hardware dan software.
Latency
200ms
150ms
Bit-rate
2.1 Mbps
600 Mbps


Selain Bluetooth dan wifi, perangkat berikutnya adalah infra red bahwa infra ed ini sering digunakan untuk komunikasi dua arah / satu arah, pada handphone jaman dulu kita masih melihat adanya infra red untuk media transmisi data yang berfungsi untuk menghubungkan antara 2 handphone, kekurangan infrared adalah jangkauan nya sangar dekat dan tidak boleh terhalang oleh benda, infra red ini hanya boleh untuk 2 perangkat saja, dibandingkan dengan bloutooth / Wifi perangkat infa red ini merupakan yang paling rendah kemampuannya, tetapi pada tahun 2000 an perangkat ini sepat menjadi handalan,

Jangan kawatir walaupun akhir-akhir ini perangkat Handphone sudah tidah menggunakan infra red, tetai masih ada perangkat lain yang masih eksis dan selalu setia menggunakan dan memanfaatkan perangkat ini yaitu hamper semua merk remote control baik untuk televise, ac, vcd/dvd dan lainnya.
Adapun gambar nya :



Demikian penjelasan yang bisa saya share, jangan lupa join yaa… terima kasih semoga bermanfaat. Amin.
Back To Top